Selamat Datang di Garudakamu Posts Subscribe to Revolution ChurchComments


Rabu, 31 Oktober 2012

Home » , » Sejarah Singkat Lahirnya Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928

Sejarah Singkat Lahirnya Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928


sumpah pemuda kartun
Karikatur sumpah pemuda

Masih seputar Sumpah Pemuda, kali ini garudakamu akan mengulas mengenai sejarah lahirnya sumpah pemuda. Setelah sebelumnya memberikan artikel Bunyi Ikrar Sumpah Pemuda tidak ada salah nya sobat garudakamu sekalian untuk mengetahui bagaimana sejarah sumpah pemuda itu sendiri .

Sumpah Pemuda adalah sumpah setia yang merupakan hasil rumusan pemuda pemudi Indonesia pada Kongres Pemuda II. Gagasan penyelenggaraan Kongres Pemuda II berasal dari Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI). Kongres dilaksanakan di tiga gedung yang berbeda dan dibagi dalam beberapa sesi. Rapat pertama dilaksanakan pada 27 Oktober 1928 di Gedung Katholieke Jongenlingen Bond, Lapangan Banteng, Jakarta. Dalam sambutannya, Ketua PPI Soegondo berharap penyelenggaraan kongres ini dapat memperkuat semangat persatuan para pemuda.

Kemudian dilanjutkan dengan uraian Mohammad Yamin tentang arti dan hubungan persatuan dengan pemuda. Menurutnya, ada lima faktor yang bisa memperkuat persatuan Indonesia, yaitu sejarah, bahasa, hukum adat, pendidikan, dan kemauan. Rapat kedua dilaksanakan pada 28 Oktober 1928, di Gedung Oost-Java Bioscoop dengan agenda membahas masalah pendidikan. Pada sesi selanjutnya, sebelum penutupan kongres, untuk pertama kalinya diperdengarkan lagu Indonesia Raya karya Wage Rudolf Supratman. Kongres Pemuda II ditutup dengan pengumuman rumusan hasil kongres. Peserta Kongres Pemuda II berasal dari berbagai wakil organisasi pemuda, seperti Jong Java, Jong Ambon, Jong Celebes, Jong Batak, Jong Sumatranen Bond, dan Jong Islamieten Bond.

Berikut ini adalah Panitia Kongres Pemuda ke 2. Bagaimana? Semoga bermanfaat bagi temen temen sekalian ya. Salam garuda !!!

Kata Kunci : kongres pemuda pertama, kongres pemuda ke 2, kongres pemuda ke II, kongres pemuda kedua, panitia sembilan, sejarah sumpah pemuda, sejarah berdirinya sumpah pemuda, sejarah lahirnya sumpah pemuda,
Terimakasih atas kunjungannya di GarudaKamu Blog. Anda baru saja membaca artikel yang berjudul Sejarah Singkat Lahirnya Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928. Semoga artikel tersebut dapat bermanfaat bagi sobat sekalian. Selanjutnya silahkan berkomentar dengan baik dan bijaksana demi membantu agar blog ini menjadi lebih baik
Comments
0 Comments

0 komentar:

Tukar Link

garuda-kamu

Sponsor

Pengikut

 

Garuda-Kamu. Copyright 2008 All Rights Reserved