Selamat Datang di Garudakamu Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Minggu, 17 Juni 2012

Home » , » Tips Sehat Menonton Piala Eropa 2012

Tips Sehat Menonton Piala Eropa 2012



Sekarang ini demam Euro 2012 sedang melanda seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. Memang ada beberapa laga yang disiarkan pada jam prime time yang masih bisa dinikmati di jam normal, namun juga tidak sedikit laga yang dimainkan ketika lewat tengah malam. Tentu saja laga-laga yang seru seperti ini sangatlah sayang untuk dilewatkan, namun tidur terlalu larut juga dapat berakibat buruk untuk kesehatan.

Mungkin tanpa disadari bahwa begadang sebenarnya dapat berakibat negatif untuk kesehatan. Berikut adalah siklus organ tubuh manusia yang rentan terhadap pengaruh begadang dan tidur terlalu lama, eperti dirilis oleh National Taiwan Hospital.

Tidur terlebih dahulu selama 6 jam
Manusia sehat memerlukan tidur malam hari minimal 6 jam. Hal tersebut adalah kebutuhan yang sudah tidak bisa ditawar lagi. Jika tidak, maka hormon pemulihan dalam tubuh akan terganggu. Dampak yang terjadi adalah penurunan kebugaran pada keesokan harinya.

Jika ingin menonton pertandingan yang dimainkan pada waktu dini hari, maka tarik mundur 6 jam, yang berarti pada pukul 21.00 WIB Anda harus sudah tidur. Bagaimana jika tidak tidur 6 jam pada malam hari dan membalasnya tidur pada siang hari? Hal tersebut tidak dapat dilakukan, karena tubuh manusia dirancang untuk beristirahat pada malam hari. Sedangkan pada siang hari, hanya dirancang untuk beristirahat selama 1 jam saja.

Cerdik Memilih Makanan
Biasanya rasa kantuk tetap tak tertahankan saat sedang menonton pertandingan sepak bola saat dini hari, dan salah satu caranya adalah dengan cara ngemil makanan. Untuk alasan kesehatan, maka ngemil saat begadang harus dilakukan dengan cerdik . Jangan sembarangan memilih makanan untuk disantap.

Menurut Food Standard Agency (FSA), lembaga yang bertugas mengawasi keamanan makanan dan kesehatan masyarakat di Inggris, makanan yang disajikan adalah makanan yang sehat, seperti makanan yang banyak mengandung sayuran dan buah-buahan. Kripik dan snack juga boleh dikonsumsi namun sebaiknya carilah yang rendah lemak atau kadar lemaknya kurang dari 3 gram per 100 gram.

Ketika nonton bareng di café, makanan yang berkadar garam dan lemak tinggi memang sulit untuk dihindari. Oleh karena itu, usahakan untuk tidak mengonsumsinya dalam jumlah yang banyak. Hindari pula makanan berat dan manis.

Lakukan Aktivitas Fisik
Biasanya saat menonton pertandingan sepak bola, penonton sering terpaku atau jarang bergerak. Kebiasaan tersebut harus ditinggalkan. Setiap 10 menit usahakan untuk bergerak demi kelancaran aliran darah di tubuh dan mencegah salah urat. Disadari atau tidak, dengan beraktivitas kecil secara rutin, rasa kantuk yang masih terasa akan sedikit demi sedikit berkurang.

Pada waktu jeda pertandingan, sebaiknya lakukan aktivitas otot yang sedikit berat. Berjalan-jalan dan melemaskan otot kaki sangatlah disarankan. Namun jika ingin sedikit lebih ekstrim, Anda boleh melakukan push up, hanya saja tentu dalam porsi yang lebih kecil.

Kopi atau Minuman Berkafein
Minum kopi atau minuman berenergi yang mengandung kafein cukup ampuh untuk mengusir rasa kantuk. Namun perlu diingat bahwa hal tersebut bukanlah solusi untuk membuat tubuh tetap bugar, karena cara kerja kafein adalah memanipulasi sistem kerja organ tubuh. Namun jika rasa kantuk masih bisa ditahan, sebaiknya hindarilah minuman berkafein dan minum air putih yang cukup demi kesehatan ginjal.

Selain itu, janganlah mengonsumsi kopi atau minuman yang mengandung kafein lainnya menjelang berakhirnya pertandingan. Karena hal tersebut justru akan mengganggu kualitas tidur pada saat Anda ingin beristirahat.

Konsumsi Vitamin C
Biasanya setelah begadang, maka daya tahan tubuh akan menurun. Hal itu dapat meningkatkan potensi sakit karena serangan virus dan bakteri. Untuk mengatasinya, salah satu cara efektif adalah dengan memperkuat daya tahan tubuh, dengan mengonsumsi vitamin C.

Ada banyak cara untuk mendapatkan vitamin C. Bisa dari buah-buahan seperti jeruk dan sejenisnya. Bisa juga dengan meminum multivitamin. Dengan menjaga pasokan vitamin, setidaknya daya tahan tubuh yang sedang menurun, akan sedikit lebih terjaga.

Semoga beberapa tips singkat tersebut dapat membantu para penikmat Euro yang sering begadang. Tetap jagalah kesehatan dan jangan sampai sakit, karena kesehatan mahal harganya.
Sumber : forumkami
Terimakasih atas kunjungannya di GarudaKamu Blog. Anda baru saja membaca artikel yang berjudul Tips Sehat Menonton Piala Eropa 2012. Semoga artikel tersebut dapat bermanfaat bagi sobat sekalian. Selanjutnya silahkan berkomentar dengan baik dan bijaksana demi membantu agar blog ini menjadi lebih baik
Comments
0 Comments

0 komentar:

Tukar Link

garuda-kamu

Sponsor

Pengikut

 

Garuda-Kamu. Copyright 2008 All Rights Reserved