Selamat Datang di Garudakamu Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Senin, 14 Mei 2012

Home » , , , » Cara mengatur bagian sepeda agar bebas cidera

Cara mengatur bagian sepeda agar bebas cidera


Cara mengatur bagian sepeda agar bebas cidera - Besarnya manfaat bersepeda bagi kesehatan menjadikan aktivitas ini menjadi olahraga yang banyak diminati masyarakat. penelitian yang dilakukan pada tahun 2009 di Negara Jerman menemukan bahwa seseorang yang melakukan rajin bersepeda secara rutin minimal satu jam setiap hari, lebih kebal terhadap penyakit flu daripada orang yang tidak melakukan olahraga bersepeda, karena metabolisme tubuh orang yang bersepeda lebih terjaga dan staminanya juga lebih baik.

Seperti halnya olahraga lain yang menggunakan peralatan, olahraga bersepeda juga membutuhkan tingkat kenyamanan yang baik dari sepeda yang Anda gunakan. Setting sepeda yang baik akan mampu meningkatkan efisiensi, aerodinamika, dan bahkan mencegah Anda dari cedera saat bersepeda.
Berikut ini adalah prinsip dasar pengaturan bagian sepeda agar Anda bebas dari cedera.
  • Atur Posisi Sadel
Posisi permukaan sadel yang baik adalah yang rata sehingga mampu menahan beban tubuh dengan maksimal. Posisi yang terlalu miring naik di bagian depan sadel dapat menambah beban tekanan duduk. Sementara posisi yang terlalu miring naik di bagian belakang sadel dapat menyebabkan posisi duduk tergelincir, dan menambah beban pada lengan, tangan, dan lutut sehingga beresiko cedera. Sementara untuk mengatur tinggi sadel, pastikan saat posisi tumit mengayuh pedal kebawah, lutut harus dalam posisi tegak lurus. Itulah tinggi sadel yang pas.
  • Atur Posisi Setang
Aturlah tinggi setang sehingga posisi siku Anda sedikit menekuk sebagai fungsi peredaman goncangan. Untuk jenis setang multigrip, atur posisi setang sehingga membuat Anda dapat menggenggam dengan kuat dan nyaman berbagai sisi pegangan setang. Untuk jenis profesional, setang tersedia dalam lebar dan tinggi yang berbeda karena tubuh manusia tidak asimetris sempurna. Karenanya uji coba posisi setang sangatlah penting.
  • Atur Posisi Gir
Anda tentunya sudah paham aturan perpindahan gir sepeda sesuai naik atau turun kondisi jalan bukan? Namun Anda mungkin belum tahu posisi gir sepeda yang baik adalah pada 70-100 kayuhan per menit dalam kecepatan normal. Mengatur posisi gir terlalu tinggi dapat menyebabkan kram atau nyeri lutut.
Sumber : duniafitnes.com

Terimakasih atas kunjungannya di GarudaKamu Blog. Anda baru saja membaca artikel yang berjudul Cara mengatur bagian sepeda agar bebas cidera. Semoga artikel tersebut dapat bermanfaat bagi sobat sekalian. Selanjutnya silahkan berkomentar dengan baik dan bijaksana demi membantu agar blog ini menjadi lebih baik
Comments
0 Comments

0 komentar:

Tukar Link

garuda-kamu

Sponsor

Pengikut

 

Garuda-Kamu. Copyright 2008 All Rights Reserved